Model Bisnis Nyona Meneer, Sukses Buat Obat Herbal

www.bangsatruk.com – Jangan sampai menyepelekan resep obat tradisionil, siapa tahu resep itu dapat jadi pundi-pundi uang untuk Kamu, seperti yang berlangsung Rita Hanafie. Dengan bekal resep dari seseorang rekan, guru SMP ini coba membuat usaha minuman herbal yang dinamakan Rh Herbal.

 

Model Bisnis Nyona Meneer, Sukses Buat Obat Herbal
Model Bisnis Nyona Meneer, Sukses Buat Obat Herbal

Mulai usaha pada Februari 2016, Rita awalannya buat ramuan herbal ini karna memperoleh resep dari rekannya yang disebut seseorang koki. Sesudah membaca khasiatnya, Rita cobalah membuatnya untuk keluarga yang kebetulan tengah sakit serta dapat dibuktikan pulih esok harinya.

Bermodalkan jusr serta panci dirumah, Rita cuma keluarkan kocek awal sebesar Rp700. 000 saja untuk beli rempah-rempah sebagai bahan basic dari Rh Herbal ini. Uang yang ia mengeluarkan juga telah termasuk juga kedalam cost paket. Saat ini omzet Rita telah menjangkau Rp4 juta per bln..

Cerita Rita ini memanglah tidak jauh berlainan dengan usaha jamu yang dirintis oleh Nyonya Meneer yang semua akhirnya ditangani oleh keluarga. Rita sendiri bertugas untuk meramu obat herbal ini, sedang design paket, promosi lewat sosial media serta pembukuan dikerjakan oleh anaknya.

Masalah pengiriman dikerjakan oleh adik Rita yang bertugas mengantar pesanan lewat jasa pengiriman untuk ke luar kota serta mengantar pesanan di sekitaran Depok, tempat produksi dikerjakan. Rh Herbal menghasilkan ramuan herbalnya tiap-tiap minggu. Bukan sekedar melayani pesanan di kota aslinya, Depok, Rh Herbal juga melayani pesanan ke luar kota.

Setahun lebih melakukan usaha ramuan herbal ini Rita belum juga sempat alami kerugian, tetapi cuma alami penurunan omzet. “Herbal kan seperti obat. Bila yang sakit pulih karna minum obat herbal kami mereka tentu berhenti beli karna kan telah pulih, ” tutur Rita.

Rh Herbal mempunyai macam pilihan dari kunyit asam, susu jahe, juice ekstrak bawang putih, serta bawang putih hitam yang mempunyai manfaat bermacam dari mulai penyakit jantung, stroke, vertigo, obesitas, serta banyak sekali lagi. Dalam sebulan Rita bisa menghasilkan 100 sampai 200 botol. Sistem membuatnya cukup gampang cuma dengan memakai jusr untuk menghancurkan berbahan lalu dibuat.

Menurut dia, beberapa kompetitornya datang dari beberapa toko herbal serta penjual beda di Instagram. Untuk menangani hal tersebut, dia mengakalinya dengan seringkali memberi sampel gratis ke beberapa orang serta rajin ikuti bazar.

Bukan sekedar lakukan promosi dengan segera, Rita juga lakukan promosi lewat sosial media Instagram dengan nama akun @rh_herbal. Tidak berhenti di situ, dia juga ikuti seminar kursus Usaha Kecil serta Menengah (UKM).

Ke depan, Rn Herbal merencanakan untuk mendistribusikan produknya ke beberapa toko herbal sesudah nomor BPOM resmi keluar. Tidak tutup peluang juga jika usaha ini selalu berkembang, Rita akan mempunyai karyawan serta menyerap tenanga kerja di sekitaran tempat tinggalnya. “Semoga usahanya berkembang selalu agar dapat menyerap tenaga kerja juga yang akan datang, ” tuturnya.