Syarat Permohonan Hak Merek Dagang

siamplop.net – Merek dagang merupakan salah satu faktor yang paling krusial di era perdagangan modern ini. Apabila terdapat 2 produk yang serupa, tentu masyarakat cenderung untuk memilih produk yang mereknya lebih familiar daripada yang tidak. Merek yang sudah dikenal masyarakat tentu memiliki kans yang lebih besar untuk dibeli meskipun kualitasnya tidak sebaik merek lain yang kurang terkenal. Tidak jarang juga suatu sengketa lahir gara-gara masalah merek.

Hal yang cukup seringkali kita jumpai adalah ada product berkwalitas rendahan dengan merk yang sama persis dengan product aslinya. Hal seperti ini pasti telah tidak mematuhi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) serta tentunya begitu merugikan yang memiliki merk dagang yang asli. Untuk tersebut memerlukan pendaftaran merk dengan resmi di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI). Seperti permintaan izin satu dagang, permintaan hak merk dagang juga mempunyai kriteria spesifik.

Sesuai sama Pasal 7 Undang-undang Nomor 15 Th. 2001 dijelaskan kalau permintaan hak merk dagang paling tidak mesti penuhi 3 prasyarat seperti berikut ;

1. Permintaan Diserahkan dalam Bhs Indonesia 

Permintaan hak merk dagang cuma dapat diserahkan memakai bhs Indonesia. Pastinya memakai aturan EBI (Ejaan Bhs Indonesia) yang baru disahkan pada th. 2015 tempo hari. Jika merk dagang yang menginginkan didaftarkan memakai bhs asing jadi terjemahannya di dalam bhs Indonesia harus juga diikutkan. Hal sama berlaku jika merk dagang yang menginginkan dipakai memiliki kandungan huruf terkecuali huruf latin.

2. Permintaan Di tandatangani Pemohon Dengan Dilampiri Bukti Pembayaran Biaya 

Dokumen permintaan hak merk dagang mesti di tandatangani dengan segera oleh pemohon/yang memiliki merk dagang itu. Jika pemohon tengah berhalangan untuk memberi tandatangan jadi bisa diwakilkan oleh kuasanya yang mempunyai surat kuasa. Dokumen permintaan ini harus juga diperlengkapi dengan bukti pembayaran cost permintaan merk dagang (berbentuk kwitansi).

3. Permintaan Untuk Lebih dari Satu Kelas Barang/Jasa Bisa Dikombinasi 

Jika merk yang menginginkan Anda daftarkan nanti juga akan dipakai untuk dua kelas barang atua lebih jadi mengajukan hak mereknya bisa dikerjakan dalam satu permintaan sekalian seperti yang sudah ditata di dalam ketentuan pemerintah (Perpu). Seumpama Anda mempunyai merk dagang “Ambyar” untuk product kacamata Anda. Jadi Anda dapat juga mempunyai hak merk “Ambyar” untuk product Anda yang beda seperti topi, sarung tangan, dan lain-lain sepanjang belumlah ada yang memakai nama merk “Ambyar” di beberapa produk itu. Anda bahkan memiliki hak memakai merk “Ambyar” yang Anda miliki untuk berikan nama dari jasa yang Anda lakukan seperti jasa pangkas rambut atau jasa bersihkan motor pastinya sepanjang merk itu juga belum juga didaftarkan oleh orang yang lain di bagian jasa yang Anda kehendaki.