Museum-Museum Yang Ada di Keraton Yogyakarta

Di pusat Kota Jogja berdiri sebuah istana yang menjadi kediaman dari keluarga Raja Keraton Yogyakarta dari generasi ke generasi. Istana tersebut telah berumur ratusan tahun dan masih dapat bertahan hingga sekarang. Saat ini keraton dibuka untuk umum sehingga masyarakat bisa masuk untuk melihat dan merasakan suasana yang ada di dalam keraton. Wisatawan bisa melihat berbagai bentuk bangunan yang berdiri didalam kawasan keraton. Selain itu mereka juga bisa melihat kegiatan dari para abdi dalem yang sibuk bekerja. Di dalam keraton terdapat pula bangunan-bangunan yang telah difungsikan sebagai museum. Museum-museum tersebut menyimpan berbagai macam benda peninggalan dari HB I hingga sekarang. Museum yang ada di dalam keraton antara alin Museum Batik, Museum Kristal, Museum HB IX, Museum Kereta, dan masih banyak lagi. Berikut penjelasannya dari kami mengenai museum yang ada di dalam keraton:

  1. Museum Lukisan

Salah satu museum yang ada di dalam kawasan Keraton Yogyakarta adalah Museum Lukisan. Museum ini berisikan lukisan-lukisan para raja dan ratu Keraton Yogyakarta. Selain itu terdapat pula lukisan berupa pohon keluarga dari raja-raja. Di dalam museum ini wisatawan dapat melihat dengan seksama rupa dari raja yang pernah memimpin Keraton Yogyakarta.  Lukisan-lukisan tersebut masih terjaga dengan baik dan bisa dinikmati hingga sekarang.

  1. Museum Hamengkubuwana IX

Museum selanjutnya adalah Museum Hamengkubuwana IX. Seperti namanya museum ini khusus menyimpan benda-benda peninggalan raja kesembilan Yogyakarta ini. Museum beliau berbeda dengan museum lainnya karena berada di sebuah bangunan yang dindinga semuanya berasal dari kaca. Wisatwan bisa melihat berbagai macam benda peninggalan HB IX seperti foto, tanda jasa, busana, lukisan, kamera, alat memasak, dan masih banyak lagi benda-benda yang pernah beliau gunakan selama hidupnya.

  1. Museum Batik

Museum berikutnya yang ada di dalam keraton adalah Museum Batik. Di dalam museum ini terdapat berbagai macam koleksi batik keraton yang indah dan tak ternilai harganya. Pengunjung bisa melihat betapa indah dan mempesonanya batik-batik yang ada di dalam museum ini. Batik yang ada di dalam museum ada yang berusia ratusan tahun dan masih terjaga dengan baik.

Demikian penjelasan kami mengenai museum yang ada di dalam kawasan Keraton Yogyakarta. Jika Anda ingin berkunjung ke museum tersebut Anda bisa rental bus wisata Jogja jika datang dalam jumlah yang banyak agar perjalanan menjadi nyaman dan aman.